Manfaat bunga pepaya untuk kesehatan

Sering sekali ketika petani menanam pepaya dan ditunggu sampai besar ternyata pepaya tersebut tidak berbuah, hanya mengeluarkan bunga karena pohon pepaya tersebut berjenis jantan. Nah ketika mengeluarkan bunga, petani menebangnya. Padahal bunga pepaya atau kembang kates memiliki jumlah permintaan yang banyak dipasar karena khasiatnya yang bagus untuk kesehatan, terlebih karena rasa pahit yang didapat dari mengkonsumsinya.

Bunga pepaya juga memiliki bentuk serupa terompet kecil. Warnanya kuning pucat cenderung putih dan dilengkapi dengan tangkai. Bunga ini tumbuhan pada batang dan pada tangkai yang memanjang. Bunga pepaya lazimnya ditemukan pada area pucuk pohon pepaya. Rasa pahit yang ada pada bunga pepaya disebabkan oleh kandungan Alkaloid Carpein atau C14H25No2. Senyawa ini ditemukan oleh Dr.Carpein di tahun 1980. Berdasarkan penelitian lanjutan, diketemukan fakta bahwa zat alkaloid carpein ini bisa digunakan untuk mengobati penyakit jantung. Dengan demikian, salah satu khasiat bunga pepaya adalah membantu penyembuhan penyakit jantung.

Selain mengandung senyawa alkaloid carpein, bunga pepaya juga diketahui mengandung tanin, steroid, flavanoid, triterpenoid, serat alami dan juga karbohidrat. Berdasarkan uji kinis, ternyata senyawa yang terdapat dalam bunga pepaya ini sangat ampuh melumpuhkan pengaruh radikal bebas di dalam tubuh manusia dan juga membersihkan darah.
 
 

Cara mengolah bunga pepaya yang benar
Untuk mendapatkan khasiat bunga pepaya ini, tentu diperlukan ketelatenan dalam hal konsumsi. Bagi Anda yang tak menyukai rasa pahit bunga pepaya, jangan takut sebab ada banyak terik untuk mereduksi rasa pahit tersebut. Salah satunya adalah dengan merebus bunga pepaya dengan asam jawa sebelum diolah menjadi tumisan dan jenis kuliner lainnya. Cara lainnya dengan mengurapi bunga pepaya dengan garam agar getahnya hilang.

Subscribe to receive free email updates: