Manfaat Tomat

Tomat merupakan tumbuhan yang pertama kali ditemukan di Amerika Selatan, masih berkerabat dengan terung, kentang, dan paprika merah ataupun hijau. Tomat termasuk buah karena strukturnya, mempunyai daging dan biji yang aman apabila ditelan. Namun, hingga modern ini masih banyak orang yang menganggap tomat sebagai sayuran, mungkin karena salah satu fungsinya sebagai lalap sayur.
Buah tomat sangat populer di dunia, apalagi di Indonesia yang sejak lama sekali telah lama dibudidayakan. Satu hal yang kurang disukai dari tomat adalah ketahanannya yang lemah, sehingga mudah busuk. Agar tahan lama, tomat harus dibekukan dengan beberapa langkah yang diawali dengan pemilihan, pencucian, perebusan, perendaman, pengupasan, dan diakhiri dengan pembekuan dalam lemari es.
Selain digunakan sebagai bumbu masakan atau lalap sayuran atau pelengkap sambal, tomat kerap dijadikan bahan pembuatan masker atau kosmetik. Pembuatan masker tomat ditujukan untuk mengatasi berbagai masalah terkait kesehatan pada wajah dan kembali menampilkan pesona kecantikan yang seharusnya ada. adapun manfaat tomat sebagai berikut:

1. Mengurangi kadar lemak penyebab kegendutan
Tomat bisa mengurangi jumlah lemak yang menumpuk pada tubuh, dibutuhkan kerja keras dari berbagai upaya seperti olahraga dan pengaturan pola makan. Konsumsi tomat secara rutin sebelum latihan juga bisa membantu dalam proses mengurangi jumlah lemak dalam tubuh. Tomat tidak mengandung lemak, justru tinggi protein, karbohidrat, dan kalori. Ketiga nutrisi tersebut mempunyai peranan penting dalam masalah berat badan.

2. Membentuk otot Anda                                                                                                          Ada makanan penunjang pembentukan otot, dan salah satunya adalah buah tomat. Ini karena tomat sebagai sumber alami yang kaya protein, mudah didapat dengan cara pengolahan yang mudah juga. Jadi, sebelum dan sesudah latihan, tidak ada salahnya Anda makan sepotong buah tomat guna memperbesar peluang sukses pembentukan postur atletis.

3. Mencegah kanker

Berkat antioksidan yang terkandung di dalam buah tomat, penyakit serius seperti kanker payudara, usus besar, dan paru-paru dapat ditangani secara efektif oleh buah ini. Konsumsi tomat dengan jumlah tepat dan cukup dapat menurunkan risiko kanker pankreas, payudara, usus besar (pencernaan), juga leher rahim.

4. Penangkal radikal bebas

Para ahli medis atau spesialis kesehatan memberikan kepercayaan pada flavonoid dan zea-xanthin dalam menangkal radikal bebas. Kedua senyawa ini merupakan antioksidan yang paling banyak terdapat pada buah tomat.

5. Menjaga gigi dan tulang tetap kuat dan sehat

Tomat menjadi penyuplai kalsium yang digunakan untuk memelihara tulang agar tidak gampang keropos, juga menguatkan gigi dan menjaganya tetap sehat. Pada saat pembentukan tulang, kalsium sangat diperlukan agar mendapat hasil yang sempurna.

6. Mengontrol kolesterol penyebab hipertensi (Tekanan darah tinggi)

Tubuh menyimpan dua jenis kolesterol, yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Jumlah kolesterol baik atau HDL kolesterol harus lebih banyak dari jumlah kolesterol jahat, jika tidak maka terjadilah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Cara mengobati darah tinggi bisa diawali dengan upaya yang mudah, seperti makan buah tomat secara rutin. Alasan memilih tomat sebagai makanan yang harus dikonsumsi adalah kandungan mineral yang tersimpan di dalam tomat membantu mengatur jumlah kolesterol yang beredar dalam darah.

7. Menyehatkan mata

Penderita mata minus sering disarankan untuk konsumsi buah tomat agar minusnya tidak bertambah.
Tomat sudah dikenali banyak orang sebagai buah yang mampu menyehatkan mata karena di dalamnya terdapat kandungan vitamin A yang banyak, ditambah dengan sejumlah nutrisi lain seperti niacin, thiamine, dan asam folat. Antara satu dengan yang lain bekerja sama untuk menyembuhkan gangguan kesehatan pada mata.

8. Membuat jantung bekerja stabil

Terdapat sekitar 235 mg kalium dalam sepotong tomat ukuran sedang. Kandungan tersebut berguna untuk mengontrol denyut jantung dalam memompa darah dan membuatnya tetap bekerja secara stabil. Manfaat tomat lain yang akan didapat adalah terjaga dari penyakit jantung dan stroke.

9. Memenuhi kebutuhan vitamin harian

Jika Anda malas minum suplemen untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian, makan saja buah tomat. Tomat akan memberikan Anda 20% kebutuhan gizi harian yang dibutuhkan, pada sepotong buahnya. Menurut USDA, semua nutrisi di dalam tomat diperlukan oleh organ tubuh agar berfungsi dengan baik.

10. Mengontrol gula darah

Gula dalam darah tidak boleh melebihi batas wajar agar tidak memperbesar resiko diabetes. Anda bisa membantu pengontrolan gula darah dengan rutin konsumsi buah tomat. Tomat menjadi sumber alami kromium yang dibutuhkan tubuh agar jumlah gula darah tidak mengalami pelonjakan.

11. Mengobati nyeri punggung

Nyeri pada Punggung harus diperhatikan cukup serius agar masalahnya tidak berkelanjutan. Jika Anda menderita hal tersebut, konsumsilah buah tomat secara teratur disambi melakukan pengobatan yang semestinya. 
Tomat menunjang proses penyembuhan dengan mentransfer bioflavonoid dan karotenoid yang dikenal sebagai agen anti peradangan. Jika nyeri punggung yang Anda alami sifatnya kronis, biasanya proses pemulihan atau peredaan rasa sakit akan berlangsung cukup lama. 
12. Mengecilkan dan mengencangkan pori-pori wajah

Cara membuat masker tomat untuk wajah kencang: Blender tomat segar, Campurkan dua sendok makan jus tomat dengan satu sendok makan air, Gunakan kapas untuk mengusap wajah yang sebelumnya sudah dibersihkan, dan Pijat seluruh permukaan kulit wajah secara merata selama 15 menit

13. Mencerahkan kulit

Kulit wajah Anda kusam dan hingga kini belum tahu rahasia kecantikan untuk membuat kulit wajah cerah? Gunakan saja tomat yang mempunyai kandungan vitamin C dalam jumlah banyak yang siap mengatasi masalah yang sedang menimpa Anda. Anda siapkan satu atau dua potong tomat segar, iris ukuran cukup tebal. Gunakan tiap irisan untuk menggosok wajah secara merata. Dalam seminggu lakukan rutin setiap hari agar memberikan hasil maksimal, kulit tampak bersinar dan sehat.  

14. Menghilangkan jerawat

Pada sejumlah obat jerawat yang terjajahkan di salon atau klinik kecantikan, pada tabel kandungan terlihat rata-rata memerlukan bantuan vitamin A dan C. Jika Anda ingin membeli obat jerawat semacam salep, lebih baik jangan dulu karena masih ada tomat yang memberikan kedua nutrisi tersebut. Pada kondisi jerawat yang kecil, Anda hanya perlu menggosokkan potongan tomat segar pada wajah atau bisa juga dijadikan masker selama satu jam.

15. Mengatasi permasalahan kulit berminyak

Langkah mudah untuk mengatasi kulit berminyak dengan tomat adalah membuat jus dari 2 potong tomat yang dicampurkan dengan 4 sendok makan jus mentimun. Gunakan masker pada wajah dengan cara mengoles pakai kapas, kemudian diamkan hingga kering dan bilas sesudahnya. Jika rutin melaksanakannya, minyak pada wajah akan lebih terkontrol dan pori-pori ikut mengecil.

16. Menjaga Anda tetap awet muda

Di waktu luang Anda bisa mencoba melakukan serangkaian kegiatan yang sifatnya skin treatment dengan menggunakan tomat sebagai bahan dasarnya.

17. Melindungi kulit dari serangan ultraviolet

Sinar matahari yang langsung mengenai kulit dapat merusak struktur permukaan. Di dalam tomat terdapat antioksidan bernama likopen yang beraktivitas sebagai pelindung kulit dari sinar UV. Sebelum pergi ke kantor, Anda bisa konsumsi segelas jus tomat, hal ini membantu perlindungan dari dalam. Jangan lupa berikan juga krim tabir surya bermerek yang cocok untuk jenis kulit Anda.

18. Menyegarkan mata

Lakukanlah pemijatan ringan pada seluruh permukaan wajah Anda dan tempelkan dua iris tomat ke kedua bola mata Anda (menutupi kedua mata).
Tomat akan merileksasikan mata Anda yang lelah karena telah seharian digunakan untuk bekerja. Jika Anda memiliki kantung mata, menggunakan potongan tomat juga dapat membantu menghilangkannya.

19. Mencegah kerusakan sel

Untuk membantu mencegah kerusakan sel, Anda bisa konsumsi setidaknya 16 miligram likopen yang terdapat dalam tomat setiap harinya. Setelah makan siang, ganti minuman bersoda Anda dengan jus tomat yang lebih menyehatkan.

20. Memutihkan kulit tubuh

Cara membuat krim tomat untuk memutihkan kulit : Bersihkan kulit dengan membasuhnya dengan air; Campurkan 1 sendok teh oatmeal, yoghurt, dan 2 sendok teh tomat yang sudah ditumbuk halus; Oleskan bahan campuran pada wajah, leher, dan bagian kulit tubuh lain yang diinginkan; Diamkan selama 20 menit sebelum dibersihkan.
Perawatan dengan campuran ketiga bahan tersebut akan membantu menghilangkan noda yang menutupi kulit, mengelupas sel kulit mati, dan menenangkan kulit tegang.

21. Mencegah kulit terbakar

Gunakan campuran 2 sendok teh tomat dan 1 sendok teh yoghurt, oleskan pada permukaan wajah, leher, tangan, dan kaki secara merata setelah beraktivitas. Kandungan di dalam tomat akan menyegarkan kulit, sedangkan yoghurt membuat kulti menjadi elastis dan lembut.

22. Menghaluskan kulit

Kulit yang halus menjadi aset berharga bagi setiap orang, khususnya wanita. Selain mendapat nilai plus di mata orang sekitar, kulit halus juga bisa menjadi investasi untuk masa depan. Blender tomat dan campurkan dengan madu secukupnya hingga menjadi pasta tebal. Oleskan pada wajah secara merata, berikan pijatan relaksasi dengan gerakan melingkar. Terus lakukan hingga tomat yang sudah halus habis, barulah dibersihkan menggunakan air hangat. Jangan keluar rumah setelah menjalani perawatan untuk mencegah debu menempel pada permukaan wajah yang sudah bersih.

23. Menguatkan rambut

Tomat bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang bermasalah dengan rambut patah dan rapuh. Dengan mengoleskan masker tomat secara rutin, rambut akan lebih kuat, lembab, dan terbebas dari kekeringan.











Subscribe to receive free email updates: